Friday, January 11, 2013


MOTIVASI BELAJAR

DefinisiMotivasi belajar

Motivasi menjadi sesuatu hal yang sangat penting tatkala kita akan melakukan sesuatu. Ada beberapa Definisimotivasi belajar yang dikemukakan oleh para ahli, Definisimotivasi tersebut adalah:

1.Motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri sesorang ya­ng menimbulkan, memberikan arah dan memberi kekuatan, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

2.Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Davis (dalam Andayani, 2006: 25): ”Motive or motivation refers to an internal state resulting from a need which incites behaviour, usually directed towarked fulfilling the need.”
Pendapat tersebut dapat dimaknai bahwa motivasi merupakan sesuatu yang berasal dari dalam diri seseorang yang muncul dalam rangka memenuhi ke­butuhan­nya.

3.Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Nasution (1993: 08) yang menya-takan:  Motivasi adalah kondisi psikologis sesorang untuk melakukan sesuatu.
4.Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Sardiman (2007: 75): 
Keseluruhan daya dan penggerak psikis di dalam diri seseorang yang me­nim­bul­kan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar dan memberi arah pada kegiatan belajar demi mencapai tujuan. 

5. Definisimotivasi belajar yang dikemukakan Winkel (1983: 27) menyatakan:  Motivasi belajar merupakan faktor psikis, yang ber­sifat nonintelektual yang berperan dalam hal gairah belajar. Siswa yang ber­motivasi kuat akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan.

No comments:

Post a Comment